Thursday, October 16, 2014

BAB I



BAB I
PENDAHULUAN

1.1                 Latar Belakang
Allah menciptakan Alam Semesta ini terdiri dari daratan dan lautan. Pada daratan dan lautan tersebut terdapat berbagai macam mahluk hidup yang telah diciptakan dengan sebaik-baiknya penciptaan. Jumlah mahluk hidup di lautan lebih banyak dari pada mahluk hidup yang ada di daratan.Hal tersebut terbukti dalam alquran bahwa penyebutan kata laut atau dalam bahasa arabnya adalah bahr sebanyak 32 ayat sedangkan  kata daratan (barrun) hanya 13 ayat. Allah menciptakan tumbuhan yang berada di laut yaitu untuk kemakmuran dan  kesejahteraan hidup manusia yang diantaranya bisa di jadikan sebagai bahan makanan, sebagai energi, perhiasan dan lain-lain, diantara tumbuhan laut  yang bisa dimanfaatkan manusia adalah  Alga. Firman allah dalam surah An-nahl ayat 14:

وَهُوَالَّذِيسَخَّرَالْبَحْرَلِتَأْكُلُوامِنْهُلَحْمًاطَرِيًّاوَتَسْتَخْرِجُوامِنْهُحِلْيَةًتَلْبَسُونَهَاوَتَرَىالْفُلْكَمَوَاخِرَفِيهِوَلِتَبْتَغُوامِنْفَضْلِهِوَلَعَلَّكُمْتَشْكُرُونَ

“Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur”. (QS. An-Nahl [16] : 14).
            Makroalgae adalah salah satu flora yang hidupdalam air laut, kehadirannya dapat dijumpai di paparanterumbu karang Perairan pantai. dalam dunia tumbuhan ganggang termasuk ke dalam dunia Thallophyta (tumbuhan talus), karena belum mempunyai akar, batang dan daun secara jelas. Ganggang ada yang bersel tunggal dan ada juga yang bersel banyak. Ganggang (Alga) ini merupakan sekelompok organis me autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata.              
Alga merupakansalahsatukingdomplantae yang masihbanyakditemui di lautataupantai yang  masihterjagakelestariannya. Sepertihalnya di pantaikondangmerak. Pantaikondangmerakdijadikanwahanapenelitianbeberapaspesiesalgaolehmahasiswabiologi. Begitubanyakspesiesalga yang perludiidentifikasikankarenaalgajugamemilikibanyakmanfaatbagikehidupan. Beberapajenisalgabernilaiekonomis. Alga dapatdibidudayakan di laut dan dapatdimanfaatkansebagaisayuran, bahanpembuatan agar-agar, bahanpembuatankosmetik, dan masihbanyaklagi.

Keberadaan  makroalga  sebagai  organisme  produser  memberikan  sumbangan yang berarti bagi kehidupan binatang akuatik terutama organisme-organisme herbivora di perairan laut. Dari segi ekologi makroalga juga berfungsi sebagai penyedia karbonat dan  pengokoh substrat  dasar   yang  bermanfaat  bagi  stabilitas  dan  kelanjutan keberadaan  terumbu karang.  Selain  itu  juga   dapat  menunjang  kebutuhan  hidup manusia sebagai bahanpangan dan industri. Oleh karena itu, identifikasi makroalga sangat diperlukan dalam memperluas pengetahuan sebagai ilmuwan biologi tentang makroalga.
1.2 TUJUAN
1.    Mempelajariorganisasithallus, morfologi, dansiklushidup/reproduksi alga divisi Chlorophyta di PantaiKondangMerak, Malang Selatan.
1.3    MANFAAT
1.      Memberikan pengetahuan tentang spesies makroalga yang terdapat di Pantai Kondang Merak
2.      Mengetahui organisasithallus, morfologi, dansiklushidup/reproduksi alga divisi Chlorophyta di Pantai Kondang Merak








No comments:

Post a Comment

MAKALAH BIOKIMIA ANABOLISME PROTEIN

MAKALAH BIOKIMIA ANABOLISME PROTEIN Dosen Pengampu: Ria Ramadani DA, S.Kep. Disusun Oleh: Terry Angria Putri Perdana     ...